Kita semua tahu sekarang eranya informasi dan semuanya serba teknologi ,apalagi dalam dunia shoping,dalam perkembanganya para calon pembeli di mudahkan dalam urusan menjual dan membeli.
namun perkembangan ini tidak di ikuti dengan kesuksesan website jualan online akrab di sebut website eCommerce ,masih bayak website eCommerce belum memksimlkan penjualan ,banyak faktor yang mnyebabkan website eCommerce tidak maksimal dalam mengkonversi jumah visitor dan terutama dalam hal design,berikut beberapa fitur yang harus anda perhatikan untuk memksimalkan penjualan.
Baca juga
Cara membuat website online agar penjualan meningkat
webisite ecomerce yang baik memilki kemampuan dalam mengakomodir berbagai keinginan user,sebagian orang mungkin sudah terbias dengan website eCommerce sehingga mereka dengan mudah menemukan produk yang mereka cari ,namun untuk sebagian yang lain mereka membutuhkan bebrapa guid yang lebih lengkap untuk menemukan produk yang mereka cari.
Show Cesing The Produk
Hal yang paling utama yang harus anda perhatikan adalah tampilan dari produk anda ,user yang ingin membeli produk kita sangat mempertimbangkan hal ini mereka cenderung memilih casing dan tampilan yang menarik dan visual yang bagus .
untuk menganalisa hal ini mencobalah posisikan diri anda sebagai pembeli ,kunjungi sendiri website anda dan rasakan seberapa nyamanya anda dengan site eCommerce yang anda buat dan perhatikan fitur apa aja yang harus di tambahkan untuk menarik pembeli.
biasanya pembeli lebih suka dengan banyak pilihan gambar dari produk anda ,semakin banyak refrensi produk yang anda buat semakin menarik dan memberikan banyak pilihan untuk calon pembeli anda.
Price
Harga merupakan alasan terbesar mengapa visitor akan mengabaikan website anda. namun yang dimaksud disini adalah bagaimana anda mendisplay harga dengan baik di sebuah desain website e-commerce.
Pertama anda harus menampilkan harga dengan jelas dan dapat terbaca oleh visitor. Jangan biarkan visitor menambahkan item ke keranjang belanja mereka tanpa melihat harganya terlebih dahulu dikarenakan hal ini akan mengganggu mereka dan menyebabkan mereka akan meninggalkan website anda.
Payment
Hal terakhir yang penting adalah fitur payment. Berbelanja bagi customer akan sangat menyenangkan dan dalam hal ini fitur payment haruslah memudahkan customer. Sebaiknya fitur payment dibuat tanpa memakan step yang tak terlalu panjang. Anda juga sebaiknya memberikan fitur instant chat untuk memudahkan visitor berinteraksi dengan customer service. Dengan membuat proses payment mudah bagi customer maka desain website e-commerce anda akan maksimal dalam menghasilkan sales.
Add to Cart
Ini merupakan salah satu fitur terpenting yang harus ada pada desain website e-commerce anda dikarenakan fitur ini merupakan fitur utama untuk mengubah visitor menjadi shopper. Gunakan warna kontras untuk membantu visitor menemukan keranjang belanja mereka dikarenakan ini akan menarik perhatian visitor. Dengan menampilkan keranjang belanja dalam fitur lebih menarik maka ini akan membuat visitor termotivasi untuk membeli.
Related Product
Fitur ini penting ada pada desain website e-commerce karena dengan memberikan customer kesempatan untuk membeli produk lainnya. Jika customer merasa tak puas dengan satu produk maka mereka berkesempatan untuk mencari produk lainnya.
Review
Review merupakan hal penting yang harus ada dalam desain website e-commerce dikarenakan manusia mahluk sosial yang butuh pendapat manusia lainnya. Walaupun visitor mengetahui sebuah produk bagus namun mereka takkan begitu saja percaya jika mereka tak melihat testimoni dari customer independen lainnya. Review atau testimoni yang positif akan menguntungkan anda dan review negatif memberikan anda tantangan untuk memperbaiki produk dan service anda. ini merupakan fitur yang harus ada dalam desain website e-commerce.